by

Amankan Lebaran di Maluku, Operasi Ketupat Salawaku Bakal Digelar 12 Hari

AMBON,MRNews.com,- Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Asep Saipudin mengaku, pihaknya akan melaksanakan operasi Ketupat Salawaku 2022 untuk pengamanan Lebaran Idul Fitri di wilayah Maluku.

Operasi tersebut akan dilaksanakan selama 12 hari kedepan. Dengan mengedepankan preemtif, preventif yang didukung dengan penegakan hukum dan bantuan operasi.

“Pengamanan dilaksanakan dengan percepatan vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan. Ini untuk mencegah penyebaran wabah covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman,” katanya.

Dikatakan, dalam Operasi Ketupat Salawaku 2022, pihaknya siap didukung oleh TNI dan instansi terkait lainnya.

“Kekuatan Personil Operasi Ketupat Salawaku 2022 yaitu TNI 402 Personil, Polri 2478 Personil, Instansi terkait 650 Personil,” jelasnya saat paparan di rapat koordinasi lintas sektor dalam rangka Idul Fitri di Mapolda Maluku, Rabu (20/4).

Dalam operasi tersebut, Polda Maluku juga menurut Aspen, membuka pos pengamanan sebanyak 42 unit, pos pelayanan 27 unit, dan pos terpadu 4 unit.

Disisi lain, tambahnya, pengamanan akan dilakukan di sejumlah tempat keramaian seperti mall, pasar, tempat rekreasi, dan juga rumah-rumah ibadah.

“Kami juga akan melakukan pengamanan dan pengawasan di lokasi wisata yang berpotensi menimbulkan korban jiwa seperti pantai dan pegunungan, juga terhadap penimbunan dan penghambatan distribusi sembako, minyak goreng dan BBM,” katanya.

Ia mengatakan, masyarakat dibolehkan mudik dengan syarat sudah mendapatkan vaksinasi dosis lanjutan/booster.

“Bagi pegawai negeri dilarang menyelenggarakan buka puasa bersama dan open house,” kata Perwira Menengah berpangkat tiga melati dipundak.

Ia menghimbau pengguna jalan agar dapat mematuhi kamseltibcarlantas. Sehingga perjalanan menjadi aman, tertib, lancar dan selamat. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed