by

Alihkan Pawai Malam Takbiran, Polda Maluku Lakukan Rekayasa Lalin

AMBON,MRNews.com,- Polda Maluku akan lakukan rekayasa jalur lalu lintas (Lalin) untuk mengalihkan arus konvoi atau pawai malam Takbiran nanti di Kota Ambon khususnya sebagai ibukota Provinsi,
Minggu (1/5/22).

Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Asep Saepudin katakan, seluruh anggota akan diploting termasuk personel Polwan untuk ditempatkan pada pos pelayanan dan penyekatan selama operasi Ketupat Salawaku 2022 yang telah dimulai 28 April.

“Ops Ketupat ini operasi kemanusiaan untuk memberi rasa aman kepada warga yang akan merayakan Lebaran. Karena kita tau bersama kota Ambon merupakan etalase dari Maluku. Olehnya itu jika Ambon aman, maka Maluku aman,” tukas Asep saat dialog interaktif di di aula Command Center, Mapolda Maluku, Kamis (28/4).

Ia mengaku, pihaknya juga akan mengantisipasi potensi kerawanan atau kejahatan yang bisa terjadi saat Lebaran. Seperti curah, curanmor, balap liar, dan penyakit masyarakat lainnya.

“Kami akan siap mengantisipasinya termasuk peredaran miras di masyarakat. Kami harapkan kerjasama semua elemen masyarakat sehingga apa yang menjadi kehawatiran kita bersama dapat dihindari,” pinta perwira menengah berpangkat tiga melati dipundak itu.

Saat ini sebutnya, pemerintah telah memberikan kelonggaran mudik. Namun masyarakat yang ingin melaksanakan mudik harus melalui beberapa syarat seperti vaksin booster dan sebagainya.

“Bagi yang belum vaksin booster harus dicek antigen atau PCR, hal ini bertujuan agar tidak ada penularan covid-19 yang masuk ke kota Ambon,” ingatnya.

Saepudin mengatakan pihaknya bersama Polres jajaran, dibantu TNI dan instansi terkait lainnnya telah dikerahkan untuk mengamankan perayaan Idul Fitri.

Sebanyak 3.530 personel gabungan terdiri dari 2.478 personel Polri, 402 Personel TNI dan 650 personel dari instansi terkait seperti Basarnas, Perhubungan, Satpol Pp, BNPB, BMKG dan lainnya diterjunkan.

“Kami juga bangun pos pengamanan dan pelayanan di titik fasilitas umum serta pos terpadu dengan mengedepankan pelayan mudik yang bertujuan agar adanya rasa aman kepada umat Muslim yang rayakan lebaran,” jelasnya,” pungkas Asep. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed