Alasan Gong Perdamaian Jadi Lokasi Peringatan Hari Pancasila

AMBON,MRNews.com,- Di Kota Ambon, upacara peringatan hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2019 dilakukan di halaman monumen Gong Perdamaian Dunia, sebagai icon kota toleransi dan musik dunia ini. Oleh Pemerintah Kota (Pemkot), ada alasan kuat yang menjadikan Gong Perdamaian Dunia dipilih menjadi lokasi mengenang perjuangan lahirnya Pancasila, bukan lapangan merdeka atau Pattimura park.

Menurut Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, memilih Gong Perdamaian dunia untuk mengingatkan kepada seluruh peserta upacara tentang pentingnya hidup yang damai di Indonesia. Sebab disitu terkandung atau memiliki nilai-nilai perdamaian, persatuan, dan nilai-nilai kebersamaan.

“Karena apa, Pancasila ini rumah kita bersama sebagaimana tema peringatan hari lahirnya Pancasila, Kita Pancasila, Kita Indonesia. Kurang lebin ada 34 kamar di Indonesia, Maluku termasuk salah satu kamar didalam rumah yang namanya Pancasila. Artinya, semua mempunyai hak yang sama untuk menjaga rumah Pancasila ini,” tandas Walikota usai upacara peringatan hari Pancasila di halaman monumen Gong Perdamaian Dunia, Sabtu (1/6/19).

Hal itu yang menurutnya, menjadi pertimbangan kenapa dalam kebersamaan baik pegawai negeri (ASN), TNI/Polri, maupun RT/RW, petugas-petugas Linmas, tokoh agama, seluruhnya terlibat dalam merayakan Pancasila kali ini.

“Pesan saya, kita ini Indonesia, kita ini Pancasila dan jangan lupa Pancasila itu adalah rumah kita semua. Penting kita menginternalisasi dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila terus dalam kehidupan kita. Tidak hanya sekedar kata-kata, tapi pengamalan,” pesan Louhenapessy. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *