by

800 Personil Gabungan Ditambah Amankan Sholat Ied & Idul Fitri di Ambon

AMBON,MRNews.com,- Bulan suci Ramadhan telah berakhir. Umat muslim di dunia termasuk Indonesia dan Provinsi Maluku khususnya kini akan merayakan Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, Senin (2/5).

Guna memastikan kelancaran Sholat Ied dan perayaan Idul Fitri di Kota dan Pulau Ambon-Maluku, sebanyak 800 personil gabungan TNI-POLRI dan instansi pemerintah ditambah.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease, Kombes Pol Arthur Simamora katakan, penambahan personil gabungan itu selain untuk memback up malam takbiran, tetapi juga guna membantu pengamanan Sholat Ied dan perayaan Idul Fitri.

“Dari jumlah personil yang sudah ada sebelumnya, kita sudah kerahkan lagi kurang lebih 800 personil gabungan tambahan untuk amankan malam takbiran sekaligus Sholat Ied dan Idul Fitri,” tandas Simamora disela patroli malam takbiran, Minggu (1/5).

Menurutnya, penambahan personil gabungan itu dalam kepentingan perketat pengamanan di titik-titik penyekatan arus lalu lintas dari konvoi kendaraan serta guna memastikan malam takbiran dan Idul Fitri di Kota Ambon dan Pulau-pulau Lease berjalan aman dan lancar.

“Kita dibantu juga dari Bankom untuk pengamanan. Hal itu agar meminimalisir persepsi negatif masyarakat soal Polri sebagai pengendali keamanan,” terangnya.

Khusus untuk memastikan situasi malam takbiran aman terkendali, Simamora mengaku, bersama Wakapolresta telah membagi tugas.

Dimana dirinya melakukan pengendalian didalam kota, sedangkan Wakapolresta bertugas kendalikan luar kota, jalur Teluk Ambon & Baguala.

“Kita bagi tugas. Saya kendalikan dalam kota, pa Wakapolresta giliran diluar kota. Sehingga setiap kejadian menonjol langsung bisa ditangani. Tapi syukur Puji Tuhan, Alhamdulillah, sementara situasi aman terkendali hingga pukul 00.00 WIT,” akuinya.

Dirinya berharap, aman terkendalinya situasi di malam takbiran juga akan terjadi saat Idul Fitri, yang didahului Sholat Ied di masjid-masjid, Senin pagi.

Sebelumnya diketahui, 3530 personel gabungan siap amankan Idul Fitri di Maluku yang terdiri dari 2.478 anggota Polri, 402 anggota TNI, dan sisanya 650 personel dari berbagai instansi lainnya.

Polda Maluku juga membentuk 47 pos pengamanan dan 27 pos pelayanan serta empat pos pengamanan terpadu. Pos pengamanan dan pos pelayanan yang dibentuk juga tersebar mulai dari rumah ibadah, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandara serta sejumlah tempat strategis. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed