7 Mey, Deadline Akhir Rekap Suara Tingkat PPK

AMBON,MRNews.com,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dalam surat edarannya memberikan tambahan atau perpanjangan waktu kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang belum selesai rekapitulasi hasil Pileg dan Pilpres pada tanggal 4 Mei, dapat menuntaskan rekapitulasi paling lambat hingga Selasa, 7 Mei 2019.

“Sudah ada surat edaran dari KPU nomor 781 tahun 2019 untuk rekapitulasi di tingkat PPK (kecamatan) yang masih belum bisa diselesaikan sampai tanggal 4 Mei, diberi waktu sampai paling lambat hari Selasa, 7 Mei 2019. Karena ada beberapa daerah, kondisi riil PPK-PPK belum menyelesaikan proses rekapitulasi, sehingga dikeluarkan surat edaran untuk diberi perpanjangan waktu,” kata Ketua KPU Kota Ambon, Sedek Fuad kepada media ini melalui sambungan seluler, Minggu (5/5/19).

Dalam surat edaran itu pun kata Sedek, PPK dan KPU Kabupaten/Kota diminta memaksimalkan prosedur-prosedur yang ditetapkan dalam PKPU berkaitan dengan mekanisme dan tata cara penghitungan, rekapitulasi di tingkat kecamatan sehingga tetap pada prosedur dan substansi pembahasan di tingkat kecamatan.

KPU juga jelasnya, diminta agar berkoordinasi dengan Bawaslu karena hitungannya memang beberapa kecamatan, tidak cuma di kota Ambon tapi ditempat lain memiliki TPS yang jumlahnya cukup besar sehingga dengan surat itu dimungkinkan untuk membuka lebih dari empat forum, kalau SDM PPK mencukupi. Maka syaratnya berkoordinasi bersama Bawaslu untuk saling mempersiapkan SDM masing-masing. Juga dengan saksi-saksi menyepakati forum-forum yang dibuka lebih dari empat forum.

“Hal ini tidak berpengaruh pada pleno tingkat KPU Kota. Karena jadwal di tingkat kota, pleno berakhir sampai tanggal 7 Mei. Jadi diberi waktu paling lambat sesuai waktu itu. Maka strateginya ketika selesai rekap bisa langsung masuk di pleno tingkat kota. Istilahnya sambil jalan. Kecamatan yang sudah selesai pleno langsung masuk di KPU supaya waktu yang diberi bisa tuntas,” beber Sedek.

KPU Kota Ambon tambahnya, sejak tanggal 29 April 2019 telah pleno untuk kecamatan Leitimur Selatan dan skorsing sambil menunggu kecamatan yang lain. Direncanakan, besok Senin 6 Mei sudah bisa memulai pleno kembali. “Hitungan kita, ada dua kecamatan yang mungkin dipastikan hari ini (kemarin-red) selesai, Teluk Ambon dan Baguala tinggal beberapa desa kecil yang TPS sedikit saja. Sirimau paling diakhir karena desa/kelurahan dan TPS paling banyak. Pleno direncanakan di kantor KPU Kota Ambon, Passo,” pungkasnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *