by

40 Pengasuh Jemaat Kairatu Dibekali Dosen IAKN Lewat PkM

-Pendidikan-277 views

AMBON,MRNews.com,- 40 pengasuh dari tujuh (7) sektor pelayanan di Jemaat GPM Kairatu Klasis GPM Kairatu Seram Bagian Barat (SBB) dibekali oleh lima (5) dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen (FIPK) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon lewat kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM).

PkM yang dilakukan sedari 12-16 Oktober 2020 di gedung Serbaguna Jemaat GPM Kairatu itu mengusung tema “Menjadi pengasuh SM-TPI GPM yang dinantikan anak dan mengajar dengan menyenangkan dimasa Pandemic Covid 19”. Selain dosen, tiga mahasiswa juga menjadi tim PkM.

Ketua tim PkM Dr Rukhama Aralaha, M.Th kepada media ini katakan, PkM merupakan salah satu bentuk implementasi dari perwujudan Tridharma perguruan tinggi. Melalui PkM, dosen dan mahasiswa dapat turut bertanggung jawab terhadap proses pembangunan masyarakat dan gereja.

Kehadiran IAKN Ambon melalui kegiatan-kegiatan PKM menurut Aralaha, agar dapat berkontribusi bagi upaya transformasi nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan berbangsa dan bergereja melalui berbagai program nyata yang bersentuhan dengan kehidupan sosial masyarakat dan umat termasuk di Jemaat GPM Kairatu apalagi dimasa pandemi.

“Diharapkan melalui materi yang diberikan narasumber dapat bermanfaat bagi pengasuh di Jemaat Kairatu dalam mengembangkan kapasitas diri demi mempersiapkan pembelajaran kreatif dan menyenangkan bagi anak SM-TPI ditengah pandemic Covid-19 agar anak selalu menantikan dan terus memiliki kerinduan untuk berjumpa dengan pengasuhnya,” harapnya.

Lima materi yang disajikan dalam kegiatan PkM diantaranya peningkatan spiritualitas pengasuh SM-TPI GPM (Sung Jay Kyung, M.Th), pengembangan bahan ajar (Dr Lourine S Joseph, M.Th), merancang model pembelajaran SM-TPI dimasa Pandemic Covid 19 (Dr. Rukhama Aralaha, M.Th), bahasa gambar sebagai akses dan metode mengajar di SM-TPI (Ampy Termas, M.Pd) dan strategi pembelajaran di SM-TPI (Wilem. Y Hetarion, M.Pd).

Ketua Majelis Jemaat GPM Kairatu Pdt Chak Huwae, S.Si memberi apresiasi dan penghargaan kepada IAKN Ambon FIPK Prodi PAK yang telah memilih Jemaat GPM Kairatu sebagai tempat/lokus dilakukannya PkM.

“Ini sebuah kesempatan baik bagi para pengasuh untuk terus belajar dan mengembangkan dirinya sebagai pelayan anak di Jemaat. Pengasuh adalah para pejuang, pelita bagi anak. Mereka para pengabdi yang selalu membakar pelita anak, memperkenalkan Yesus kepada anak. Pengasuh adalah gembala bagi anak asuhnya,” tutur Huwae.

Pasca mendapat materi dari lima dosen, para pengasuh dibantu tim lakukan praktek mengajar di masing–masing jenjang. Kegiatan PkM IAKN Ambon FIPK Prodi PAK tahun 2020 ditutup dengan doa oleh pdt Ny. L Taihuttu/Oraplean, S.Th. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed