by

28.038 Warga Kota Nganggur, Disnaker Cari Solusi

AMBON,MRNews.com,- Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ambon Steven Patty mengaku, tercatat saat ini oleh Disnaker sebanyak 28.038 warga Kota Ambon sementara menganggur atau belum memiliki pekerjaan.

Pihaknya berupaya mencari solusi guna mengatasi persoalan tersebut, minimal angka pengganguran menurun.

“Ada beberapa program yang nanti menjawab masalah itu, dalam bentuk wirausaha baru. Misalnya dia ciptakan pekerjaan untuk diri sendiri. Kalau dia sudah sukses, dia berikan pekerjaan buat orang lain,” ungkap Steven di Ambon, Rabu (24/3).

Dikatakan, sebenarnya banyak yang bisa memberikan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan, tergantung dari kreatifitas dan inovasi para pencari kerja itu.

“Nanti kita kerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Ambon untuk melatih ribuan pencari pekerja ini. Sehingga ada skill yang dimiliki dan bisa diterapkan dengan menciptakan lapangan kerja sendiri,” jelasnya.

Untuk menciptakan lapangan pekerjaan sebutnya, ada berbagai variasi disetiap sektor, tergantung kemampuan. Misalnya dibagian sektor jasa online. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, yang bisa cepat dikenal pasar luas.

Bukan saja itu, ada juga di disektor perikanan. Yang mana mereka bisa mendapat penghasilan cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.

“Kesempatan disektor perikanan, misalnya membuat keramba, budidaya ikan atau penangkapan ikan. Itukan semua ada di Kota Ambon. Tinggal bagaimana kita mencari dan berusaha mendapatkan pekerjaan,” urai Steven.

Selain itu, bagi Steven, sektor pertanian juga menjanjikan dan bisa menjawab masalah tingginya angka pengangguran di kota Ambon. Seiring adanya program kampung tangguh, dengan memanfaatkan kondisi lahan guna bertanam berbagai tanaman umur panjang.

“Jika kita dorong kesitu, mereka pasti dapat kesempatan kerja. Tidak bisa tergantung di PNS saja. Ini soal kreatifitas dan inovasi yang harus terbangun serta niat,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed