2020, Ditargetkan Seluruh SMP di Ambon UNBK

AMBON,MRNews.com,- Dinas Pendidikan Kota Ambon menargetkan tahun 2020 seluruh sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat sudah dapat melakukan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Pasalnya hingga kini masih ada sejumlah sekolah yang belum UNBK dan terus diupayakan bisa terintegrasi di 2020.

“Jika dimungkinan tahun 2020 pasti semua sekolah sudah melakukan ujian nasional berbasis komputer. Di tahun itu, pencapaian UNBK sudah selesai. Tidak ada lagi sekolah-sekolah yang mengikuti ujian kertas pensil tapi UNBK. Itu target kita,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohy kepada awak media di Balai Rakyat Belakang Soya, Jumat (8/2/19).

Tercatat kata Fahmi, ada 15 SMP-sederajat di Kota Ambon yang memang untuk tahun ini masih mengikuti ujian nasional kertas pensil (UNKP). Alasannya karena sekolah-sekolah ini belum mempunyai laboratorium dan belum memiliki komputer sebagai penunjang pelaksanaan UNBK dan 15 sekolah itu tentu menjadi perhatian dinas.

Namun tetap bagi sekolah yang belum memiliki sarana prasarana penunjang UNBK, diakuinya, nanti dibantu oleh pemerintah kota (Pemkot), ada yang misalnya bantuannya 10 sampai 20 buah laptop, atau juga komputer dan lain sebagainya.

“Untuk tahun 2019, sekolah yang akan melaksanakan UNBK sebanyak 44 atau mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2018 yang hanya 12 sekolah. Terdiri dari sekolah swasta, yayasan dan pemerintah atau negeri. Nanti dalam UNBK juga kita akan pakai pola merger dan pola mandiri. Dimana sekolah-sekolah yang memang fasilitasnya belum lengkap, kita merger dengan SMK yang fasilitasnya bagus. Sejauh ini kita lakukan dan berjalan lancar,” jelas dosen IAIN Ambon itu.

Prinsipnya sebenarnya tambah Fahmi, Kota Ambon siap untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMP tahun 2019. Namun yang menjadi masalah adalah apakah nilai tertinggi UNBK yang didapat oleh Kota Ambon pada tahun lalu diantara 11 Kabupaten/Kota di Maluku bisa dipertahankan atau tidak. “Ini yang lagi kita dorong terus untuk try out satu, dua dan tiga supaya nilai yang tahun lalu bisa mengalami peningkatan,” tutupnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *