by

2 Catar AKPOL Panda Polda Maluku Gagal, 14 Lolos

AMBON,MRNews.com,- Dari 16 calon siswa Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) pada panitia penerimaan daerah (Panda) Polda Maluku tahun 2021, 2 (dua) orang diantaranya dinyatakan tidak lulus alias gagal.

Mereka adalah Brian Lois Sopacua, nomor casis 0010 dan Rifky Adrian dengan nomor casis 0042. Sementara 14 orang dinyatakan lolos atau memenuhi syarat untuk menuju tahapan berikutnya.

“Sesuai sidang kelulusan yang dibacakan Karo SDM Polda Maluku, ada 16 Casis Taruna AKPOL. 2 orang tidak memenuhi syarat yaitu nomor casis 0010 Brian Lois Sopacua dan nomor casis 0042 Rifky Adrian. 14 orang lainnya lolos,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. M. Rum Ohoirat.

Sidang terbuka menuju pemeriksaan kesehatan (Rikkes) tahap II dibuka Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, didampingi Irwasda Kombes Pol Raden Heru Prakoso, dan Karo SDM Polda Maluku Kombes Pol. Muhamad Yusup di Rupattama Mapolda Maluku, Senin (24/5).

Pada kesempatan itu, Wakapolda kembali berpesan kepada seluruh peserta untuk tidak melakukan tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

“Pada awal penerimaan kita telah berjanji untuk mencegah dan tidak melakukan KKN dalam proses seleksi masuk menjadi anggota polri melalui pakta integritas yang telah diucapkan,” ingatnya.

Janji tersebut, kata Jan de Fretes, merupakan bentuk komitmen dan janji secara bersama kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kepada seluruh peserta calon taruna, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Bangun terus kepercayaan pada diri sendiri sampai dengan tahap akhir seleksi,” jelasnya.

Jenderal bintang 1 Polri di Maluku ini juga meminta para casis untuk selalu berhati-hati, tidak percaya terhadap janji maupun bujuk rayu dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Selalu berhati dan jangan percaya dengan janji oknum yang tidak bertanggungjawab yang dapat menawarkan berbagai jasa untuk bisa membantu,” pintanya.

Bagi 14 calon Taruna yang dinyatakan lulus, Jenderal Jan meminta senantiasa menjaga kondisi fisik dan kesehatan.

“Ini dilakukan untuk bisa menghadapi tahapan seleksi berikutnya secara baik, seperti Rikkes tahap II, psikologi, wawancara, PMK, Rikmin akhir dan penetapan kelulusan tingkat panda Polda Maluku,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed