by

2-3 Lulusan IAKN Ambon Bakal Studi Lanjut ke Korsel

-Pendidikan-602 views

AMBON,MRNews.com,- Sebagai salah satu perguruan tinggi Kristen negeri di kota Ambon, Provinsi Maluku, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon terus membangun kerjasama dengan berbagai pihak dan instansi baik dalam maupun luar negeri untuk mengembangkan IAKN Ambon semakin maju.

Faktanya, melalui mediasi salah satu dosen yang berasal dari Korea Selatan Pendeta Sung Jay Kyung, dari 104 orang sarjana, pasca sarjana (magister dan doktor) yang diwisudakan hari ini, nantinya akan diseleksi dua hingga tiga orang lulusan terbaik untuk melanjutkan studi pada Mokwon University (1 dari 10 top rank university in South Korea) dengan beasiswa penuh dari Mokwon University.

“Ini karena kita sekarang sudah melakukan penandatanganan dengan Mokwon University pada September 2019 lalu. Pihak Mokwon dan kami sepakat kerjasama pertama yang akan dilakukan itu, lulusan kami yang terbaik itu akan melanjutkan studi di Mokwon University dengan biaya yang mereka sediakan untuk 2-3 orang,” ungkap Rektor IAKN Ambon Agusthina Ch Kakiay kepada awak media usai wisuda 104 orang sarjana dan pasca sarjana IAKN Ambon di kampus harmoni dalam perbedaan, Sabtu (7/12/19).

Pihaknya kata Kakiay berharap, nantinya para lulusan yang akan studi lanjut ke Mokwon University di Korsel pada waktunya bisa kembali mengabdi di IAKN Ambon, terutama yang lulusan musik sudah dibuat perjanjian. “Tapi sekarang seleksi CPNS dengan sistem CAT, jadi kita tidak bisa lagi seperti dulu. Mereka tetap harus melewati proses sesuai dengan keputusan MenPAN-RB tentang sistem rekrutmen CPNS,” paparnya.

Kakiay tambahkan, IAKN telah menjalankan salah satu tridharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat bersama. Selanjutnya akan maju ke colaboratif research atau penelitian bersama, tapi masih sementara dibicarakan.

“Sebenarnya sejak STAKPN hingga IAKN, sudah bangun kerjasama dengan lima perguruan tinggi di luar negeri yaitu dua di Korsel, satu di Belanda, satu di Washington DC. Terakhir yang belum jalan bentuk konkritnya. Tawaran dengan mereka itu colaboratif research tapi sampai sekarang masih penjajakan, belum final seperti apa,” imbuhnya.

Sejalan proses-proses itu dan dengan dukungan dari pemerintah daerah (Pemda) Maluku, semua stakeholder dan masyarakat Maluku, dirinya sangat optimis IAKN Ambon akan semakin mengembangkan mutunya guna berkontribusi menyiapkan SDM unggul menuju Indonesia Maju dan mendapat pengakuan secara nasional untuk menjadi tujuan studi masyarakat Indonesia. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed