by

Gustu Diganti Satgas, DPRD Ikuti & Dorong Pemkot Segera Sesuaikan

-Parlemen-127 views

AMBON,MRNews.com,- DPRD Kota Ambon memastikan akan mengikuti dan lakukan penyesuaian bersama pemerintah kota (Pemkot) terkait perubahan nama Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan COVID-19 menjadi satuan tugas (Satgas) yang telah diawali pada aras Gustu nasional.

Ketua DPRD Kota Ambon Ely Toisuta menjelaskan, terbitnya peraturan Presiden (Perpres) nomor 82 tahun 2020 tentang komite penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional, maka kabupaten/kota lain termasuk kota Ambon tinggal mengikuti saja, tapi tergantung kebutuhan tiap daerah karena fungsi Gustu dan Satgas tidak berubah dan terintegrasi.

“Beta kira katong DPRD tinggal mengikuti saja dan melakukan penyesuaian. Hal itu juga harus dilakukan Pemkot, kita dorong. Apalagi masih dimasa PSBB transisi, itu tidak berpengaruh karena hanya nama saja yang berubah, tapi tugas dan fungsi tetap sama,” terang Ely.

Karena itu Perpres yang membatalkan Perpres sebelumnya tentang pembentukan Gustu maka serta merta bisa langusung jalan juga oleh daerah-daerah. Pihaknya belum bicarakan soal ini dengan Pemkot tapi sebenarnya langsung Pemkot yang menyesuaikan.

“Waktu pembentukan Gustu COVID kota pun DPRD tidak dilibatkan dalam struktur karena katong punya fungsi ada yaitu pengawasan. Sehingga kalau ada pembentukan Satgas dan lainnya sesuai pusat, DPRD tetap pada fungsi pengawasannya,” jelas politisi Golkar di DPRD, Rabu (22/7).

Senada, wakil ketua Pansus COVID-19 DPRD Zeth Pormes juga mendorong Pemkot dapat lakukan penyesuaian sesuai Perpres 82/2020, dengan atau tanpa petunjuk dari pemerintah pusat, karena serta merta daerah wajib mengintegrasi, sebab fungsi dan tugas tak hilang, hanya berganti nama.

“DPRD melekat tugas pengawasan terhadap Gustu maupun ketika berganti ke Satgas terutama penggunaan anggaran pemerintah. Fungsinya tidak berubah untuk pencegahan, pengendalian dan penanganan COVID-19, ditambah pemulihan ekonomi. Harus lakukan penyesuaian sesuai Perpres itu dengan tupoksi masing-masing, agar Ambon bisa keluar dari pandemi COVID-19,” tutup Pormes. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed