by

Bantu BPOM Uji Swab, Gustu Support Fasilitas Penunjang

-Kesehatan-238 views

AMBON,MRNews.com,- Untuk membantu BPOM Ambon dalam melakukan uji mandiri specimen Swab COVID-19, Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku mensupport berbagai fasilitas penunjang.

Fasilitas itu meliputi pengadaan BSC A2 dan PCR Cabinet, alat pelindung diri (APD) berupa hazmat (hazardous material) serta kit ekstraksi RNA dan kit uji PCR.

Kepala BPOM Ambon Hariani mengungkapkan, dengan berbagai fasilitas dan pelatihan petugas yang telah dipersiapkan untuk uji specimen, BPOM Ambon akan mampu melakukan uji mandiri COVID-19 mulai dari sampel specimen Swab dari Dinas Kesehatan di kabupaten/kota Provinsi Maluku.

“Swab dilakukan dengan pengambilan sampel dahak, lendir atau cairan dari nasofaring (bagian antara hidung dan tenggorokan), orofaring (bagian antara mulut dan tenggorokan) atau paru-paru pasien yang diduga terinfeksi virus corona,” kata Hariani kepada awak media di Ambon, Rabu (1/7).

Dalam penanganan uji mandiri specimen Swab COVID-19, 10 orang petugas terlatih yang sebelumnya telah mendapat pelatihan khusus uji virus COVID-19 di BTKLPP Kelas II Ambon pada 9-11 Juni 2020 disiapkan BPOM Ambon.

Hariani mengaku, laboratorium biologi molekuler BPOM Ambon yang sebelumnya menjadi laboratorium supporting bagi Balai Teknik Kesehatan Langkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas II Ambon dengan menguji ekstrak RNA virus secara PCR, kini telah dilakukan peningkatan sehingga mampu uji mulai dari sampel specimen Swab.

“BSC-Class 2A ini difasilitasi di setiap ruangan yaitu ruang unboxing sampel specimen, ruang ekstraksi RNA virus, ruang master mix, serta ruang penambahan template RNA virus,” kunci Hariani. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed