by

Jalur Zonasi Diharapkan Tak Batasi Minat Siswa Masuk Sekolah Favorit

-Parlemen-163 views

AMBON, MRNews,com.- Anggota Komisi IV DPRD Maluku, dr Elviana Pattiasina S.ked mengharapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Maluku mengatur strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Maluku.

Hal ini perlu dilakukan agar sekolah bisa berloma lomba memperbaiki mutu pendidikan, sekaligus diharapkan dinas bisa membantu memperbaiki infrastruktur maupun meningkatkan sumber daya tenaga pendidik agar bisa bersaing ditengah penerapan jalur zonasi.

“Jangan sampai penerapan jalur zonasi membatasi minat anak untuk melanjutkan ke sekolah dimana diminati dan menjadi favorit. Sebab itu mesti ada perbaikan dan strategi dinas dalam meningkatkan mutu sekolah. Sehingga anak tidak dipaksakan masuk pada sekolah yang dari sisi akreditasi sangat jauh bahkan mungkin saja minim dalam infrastruktur sekolah dan tenaga guru” ujar Pattiasina di DPRD Maluku, Rabu, (1/7).

Diharapkan, jalur zonasi tidak menjadi hambatan untuk membatasi keinginan siswa melanjutkan studi. Karena itu, jika ada perbaikan mutu pendidikan maka tentunya ada keinginan siswa untuk masuk di sekolah tersebut.

“Memang mesti ada perhatian dinas agar keberadaan sekolah sekolah yang bukan favorit dapat bisa menata sekolahnya dengan baik termasuk infrastruktur dan tenaga pendidik ” katanya.

Masalah yang dihadapi di Ambon bisa saja menjadi masalah siswa yang ada di kabupaten/kota lainnya di Maluku. Karena itu harus diperhatikan secara baik. ( MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed