by

Usai “Lockdown”, Besok RSUD Haulussy Layani Pasien Umum

-Maluku-1,566 views

AMBON,MRNews.com,- Usai ditutup sementara pelayanan selama dua minggu atau 14 hari karena beberapa tenaga medis dan non medis terpapar COVID-19 dan guna sterilisasi, dipastikan Rabu (27/5) besok, RSUD dr Haulussy-Ambon akan kembali dibuka untuk pelayanan pasien umum.

Kepastian tersebut diungkapkan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang kepada awak media di kantor Gubernur Maluku, Selasa (26/5).

“Selain besok RSUP dr Leimena beroperasi, RSUD dr Haulussy juga akan beroperasi kembali untuk pelayanan pasien umum. Setelah ditutup sementara 14 hari guna sterilisasi rumah sakit,” ungkap Kasrul.

Pembukaan kembali RSUD Haulussy, diakuinya, akan berjalan dengan protokol kesehatan yang baru, aman dan terorganisir. Namun soal bisa dipastikan aman untuk pasien baru masuk, Kasrul menilai, perencanaan dan lainnya sudah dijalankan mengikuti protap.

“Beta tidak mendahului Tuhan. Tapi dari sisi perencanaan dan sisi manusia tenaga medis disana sudah berusaha mengikuti protap, jalur-jalurnya mereka sudah perbaiki semua,” bebernya.

Namun memang, untuk mereka (tenaga medis dan non medis) yang masih menunggu RDT kedua serta tenaga medis yang terpapar, jelas belum bisa lakukan pelayanan umum kepada masyarakat.

“Jadi kemarin semua sudah selesai (RDT). Nanti tinggal tunggu RDT kedua. Yang kemarin RDT negatif juga katong masih tetap isolasi mereka, tunggu RDT kedua. Sementara mereka yang reaktif dan positif juga isolasi dan tidak bisa pelayanan,” tandas Sekda Maluku itu.

Dilanjutkan Kasrul, perlu diketahui bahwa di RSUD Haulussy yang terpapar COVID-19 bukan perawat yang bertugas di ruang isolasi, tetapi mereka yang bertugas dibagian lain dan dari Puskesmas.

“Jadi kemarin katong minta waktu 14-16 hari sterilisasi daerah RS. Dan teman-teman di RSUD Haulussy sudah berhasil lakukan sterilisasi dan besok sudah bisa beroperasi lagi. Tidak mendahului kehendak Tuhan, tapi katong berusaha tentunya dengan pengalaman yang kemarin semoga tidak terulang lagi,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed