by

18 Anggota & 2 ASN Polri Purna Bhakti, Ini Pesan Kapolda

AMBON,MRNews.com,- Sebanyak 18 anggota dan 2 Aparat Sipil Negara (ASN) Polri yang bertugas di Polda Maluku resmi dilepas dalam upacara tradisi wisuda Purna Bhakti dan Wredatama ASN Polri periode Januari-Agustus 2021.

Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri menjadi inspektur upacara dalam kegiatan wisuda yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan (Prokes) ketat di Ruang Rapat Utama Mapolda Maluku, Kamis (12/8/21).

Dikatakan Kapolda, wisuda Purna Bhakti hakekatnya merupakan penghargaan tulus dan ungkapan rasa yang setinggi-tingginya dari segenap kesatuan.

Momen ini juga sebutnya, dimaksudkan sebagai pengikat tali persaudaraan serta ikatan batin para purnawirawan beserta keluarga terhadap anggota Polri yang masih aktif sebagai generasi penerusnya.

“Ini juga bagian dari rasa kecintaan bagi anggota Polri dan ASN yang memasuki masa pensiun atas pengabdian selama dinas aktif sampai mengakhiri masa purna tugas di Kepolisian Negara Republik Indonesia,” terang Refdi.

Menurut Refdi, keberhasilan tugas, berikut perkembangan Polri tidak terlepas dari peran serta masyarakat. Termasuk didalamnya berasal dari sumbangsih dan Dharma Bhakti para Purnawirawan Polri baik sejak aktif hingga sekarang.

“Hal ini terbukti dengan adanya persatuan Purnawirawan Polri yang menyatakan sekali Bhayangkara tetap Bhayangkara dan senantiasa tetap patuh serta setia kepada NKRI Tribrata dan Catur Prasetya,” katanya.

Refdi mengaku purna tugas bukan berarti berhenti untuk berkarya. Namun dapat dijadikan sebagai wadah untuk babak baru dalam mengembangkan minat, bakat dan rencana-rencana yang belum terealisasi, karena selama bertugas sebagai anggota Polri tidak dapat dilakukan.

“Ini merupakan sifat alamiah yang hendaknya disikapi dengan keikhlasan karena masa pensiun bukan merupakan suatu hal yang menakutkan namun lembaran baru yang akan dilalui kita semua,” ungkapnya.

Mantan Kakorlantas Polri itu menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada anggota Polri dan ASN yang telah purna tugas, sekaligus permohonan maaf, karena tidak dapat membalas semua prestasi yang ditorehkan.

“Anggota dan ASN Polri ini telah menjadi contoh luar biasa bagi pelaksanaan tugas Polri karena dapat mengakhiri pengabdian dengan baik. Saya berharap kalian tetap menjadi agen Polri di masyarakat,” pintanya.

Tak lupa Kapolda berpesan kepada personil Polri aktif agar dapat menata persiapan purna tugas. Sebab, apa yang akan diterima saat purna tugas nanti tergantung yang ditinggalkan selama bertugas, baik prestasi membanggakan, atau kegagalan yang pastinya cukup memalukan.

“Semoga apa yang hari ini terjadi, bisa jadi pelajaran bagi kita untuk laksanakan tugas lebih baik. Saya berharap walau telah pensiun, para Purnawirawan tetap menjalin silaturahmi serta menjaga nama baik Polri ditengah masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui, 18 Anggota dan 2 ASN Polri yang purna Bhakti ialah AKBP Adolof Bormasa, AKBP Apeles Letty, AKBP Muhamad Nuh Mahulauw, AKBP Petrus Pasauw, AKBP Kartono Maubere, AKBP David Tomasoa, AKBP Djawahir Djohar, Kompol Marthen Kristian.

AKP Robby Hehanussa, AKP La Ode Hanibal, Iptu Salim Latoo, Iptu Muhammad Djafar Rumakat, Iptu Simon Sopacua, Iptu Willem Sopacua, Iptu Maslan Mulan, Ipda Gabriel Girato, Aiptu Dominggus Leunufna, Aiptu N Karelau, serta Wellem Lesnussa dan Muna Rumeun. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed