by

Jadi RS Rujukan, RSUP Leimena Hanya Miliki 21 Ventilator

-Maluku-397 views

AMBON,MRNews.com,- RSUP dr Johannes Leimena Ambon menjadi salah satu RS rujukan COVID-19 di Maluku. Namum hingga kini belum dapat digunakan.

Salah satu kendala karena RS yang belum lama diresmikan itu hanya memiliki 21 unit ventilator, dari 25 unit yang dibutuhkan.

Saat menerima kunjungan Gugus Tugas (Gustu) COVID-19 Maluku, Direktur Utama RSUP Leimena Celestinus Munthe mengaku, untuk menerima pasien positif COVID-19, pihaknya telah siap dengan menyediakan tempat tidur juga peralatan penunjang lain.

Diakui Munthe, misalnya dalam perhitungan terjadi puncak pandemi, pihaknya bakal membutuhkan sekurangnya 25 ventilator. Sementara aaat ini ventilator yang telah tersedia sebanyak 21 unit.

“Semoga puncak pandemi tidak terjadi, sehingga alat-alat ini tidak perlu digunakan. Sementara untuk penanganan Covid-19, rumah sakit ini sudah bisa digunakan sekarang,” katanya dalam rilis Humas Pemprov Maluku yang didapat media ini, Minggu (10/5).

Kunjungan ke RSUP Leimena dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus Ketua Pelaksana Harian Gustu COVID-19 Maluku Kasrul Selang, Wakil Ketua III Harian Gustu Irjen Pol. Baharuddin Djafar yang juga Kapolda Maluku serta Kepala Dinas Kesehatan Meykal Pontoh.

Mereka meninjau langsung kelengkapan fasilitas kesehatan seperti ruang isolasi, ventilator, tempat tidur dan lainnya di RSUP dr Leimena, Minggu (10/5). Sebelumnya, mereka juga menjenguk pasien yang sedang menjalani karantina di BPSDM dan LPMP Maluku.

“Kita melihat kecenderungan semakin mulai bertambahnya warga yang terdampak Covid-19. Kami datang ke RSUP ini, untuk melihat bagaimana nanti kalau ada yang harus dirawat disini,” kata Irjen Pol Baharuddin Djafar. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed