by

Tanggap Darurat Covid-19 Diperpanjang Hingga 21 April

-Kota Ambon-295 views

AMBON,MRNews.com,- Masa status tanggap darurat bencana non alam pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kota Ambon diperpanjang selama dua minggu kedepan hingga 21 April 2020 mendatang.

Perpanjangan status tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Walikota Ambon Nomor 191 Tahun 2020 tanggal 6 April 2020 tentang Penetapan Perpanjangan Status Tanggap Darurat Bencana Non Alam Wabah Penyakit Akibat Covid-19 di Kota Ambon.

Dalam SK tersebut dijelaskan, penyebaran Covid-19 masih dianggap mengancam keselamatan masyarakat Kota Ambon. Untuk memutuskan mata rantai penyebarannya, perlu secara intensif penanganan yang bersifat cepat, tepat dan terpadu sesuai standar dan prosedur penanganan pada saat keadaan darurat.

“Karena pertimbangan kedua hal tersebut, maka status tanggap darurat bencana non alam diperpanjang hingga 16 hari kedepan,” kata Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam rilis tim media center Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon yang diterima media ini, Rabu (8/4).

Perpanjangan status tanggap darurat non alam sebagaimana dikatakan dalam SK selama 16 hari, terhitung sejak 6 April hingga 21 april 2020. Perpanjangan itu sesuai aturan disamping melihat kondisi yang ada.

“Karena itu masyarakat diminta agar tetap mengikuti anjuran pemerintah dengan memakai masker jika keluar rumah, tetap stay at home dan keluar jika penting dan rutin cuci tangan serta menjaga jarak fisik, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ujar Louhenapessy.

Terpisah, Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kota Ambon Syarif Hadler dikonfirmasi mengaku, diperpanjangnya masa tanggap darurat bencana non alam hingga 21 April maka dengan sendirinya bekerja dan dan belajar dari rumah juga disesuaikan dengan waktu tersebut.

“Iya, keduanya. Bekerja dari rumah untuk ASN serta belajar dari rumah untuk siswa/siswi juga disesuaikan dengan masa tanggap darurat itu. Soal apakah akan diperpanjang lagi atau tidak, tergantung situasi dan perkembangan yang ada kedepan,” jelas Hadler via seluler, Rabu (8/4). (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed