by

Dinkes Ambon Masih Tracking Pasien 02

-Kota Ambon-536 views

AMBON,MRNews.com,- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon termasuk didalamnya pihak Puskesmas setempat, masih melakukan tracking atau penelusuran perjalanan terhadap pasien 02, yang masih dirawat/isolasi di RST dr Latumeten.

Tracking telah berjalan semenjak hasil Rapid tes atau tes cepat pekan lalu menunjukkan reaktif serta uji spesimen polymerase chain reaction (PCR) swab oleh Laboratorium Kesehatan (Labkes) di Jakarta menunjukkan positif Covid-19.

Tracking tersebut guna mencari dan menemukan berapa banyak orang yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien 02 setiba di Kota Ambon dari Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), beraktivitas dan sebelum dirawat/isolasi di rumah sakit.

“Masih lanjut tracking,” singkat Kepala Dinkes Kota Ambon dr Wendy Pelupessy kepada Mimbarrakyatnews.com ketika dihubungi via WhatsApp, Selasa (7/4/2020) malam.

Menurutnya, tracking tidak bisa diselesaikan dalam sehari. Karena pasien pasti melakukan kontak erat dengan banyak orang sehingga harus dilakukan bertahap. “Tidak bisa sehari karena banyak orang, jadi tracking harus bertahap. Katong juga sudah selesai penyelidikan epidemologi,” jelas Pelupessy.

Terkait hasil pemeriksaan Rapid tes terhadap anggota keluarga pasien 02, Ketua Harian Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang mengakui, seluruh anggota keluarganya yang kurang lebih berjumlah lima orang seluruhnya tidak reaktif atau negatif.

“Mereka dalam rumah lima orang itu semuanya negatif. Kita harapkan semoga hasil tracking oleh dinas kesehatan kota bisa tuntas segera. Memang butuh waktu lama untuk itu,” jelas Kasrul kemarin di kantor Gubernur Maluku. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed