by

168 Regu Bakal Tampil di LGJI Amboina 2018

-Kota Ambon-79 views

AMBON,MRNews.com,- Lomba Gerak Jalan Indah (LGJI) Amboina 2018 bakal diikuti 168 peserta/regu, yang akan mengikuti lima (5) kategori. Jumlah peserta LGJI pada tahun ini pun, tak disangka membludak dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya menyertakan 108 regu. Kepastian ini disampaikan oleh Ketua Panitia LGJI Amboina 2018, Denny Boy Lekahena kepada Mimbarrakyatnews.com di Ambon, Kamis (6/9/18).

“Untuk LGJI Amboina 2018, luar biasa peserta membludak. Dimana tahun lalu, hanya 108 peserta, tapi tahun ini naik drastis hingga 168 peserta terkonfirmasi. Ini juga karena permintaan masyarakat sangat tinggi untuk berpartisipasi di LGJI 2018, tentu dengan memperhatikan pikiran pa Walikota Ambon untuk tetap dalam barisan 21 orang. Tidak ada namanya empang, kacau tetapi barisan indah, sehingga enak dinikmati masyarakat Kota Ambon, se-Maluku serta tamu dari luar daerah,” beber Lekahena.

168 peserta tersebut kata pria yang akrab disapa DBL ini, dibagi pada lima kategori lomba. Yakni anak, remaja, dan dewasa tiga kategori (putera, puteri dan campuran), yang diisi 21 orang. Sedangkan untuk rute, tidak ada perubahan dengan tahun sebelumnya. Namun pihaknya mengaku beruntung karena ada sponsor dari Jakarta, Ambon Promotion Board (APB) yang digawangi anak Ambon bekerjasama dengan Pemkot Ambon dan panitia LGJI Amboina 2018 sebagai bagian mensukseskan HUT ke-83 GPM dan HUT ke-443 Kota Ambon lewat salah satu programnya, Ambon Creative.

Dimana LGJI Amboina 2018, akui DBL, akan dimasukkan salah satu program APB yaitu pengembangan kreasi anak muda berupa goyang Wayase, Poco-poco, Tobelo. Dampaknya, rute LGJI Amboina 2018 yang titik startnya di depan Gong Perdamaian dan mengitari pusat kota, akan finis di daerah simpang, A.Y Patty, tak lagi di depan kantor dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan Pemkot Ambon.

“APB kerjasama dengan Pemkot. Tetapi diarahkan pa walikota, lewat program Ambon Creative bekerjasama juga dengan panitia LGJI Amboina 2018. Yakni ada tambahan gerakan wayase, poco-poco atau tobelo, sehingga dipusatkan di daerah A.Y. Patty, setelah tiap regu finish. Memang tidak diwajibkan ke peserta dan tidak masuk dalam penilaian. Yang mau goyang kreasi di finish, silahkan. Tetapi nanti akan diberikan voucher kepada peserta kreatifitas terbaik oleh APB,” ujar Kabid I PD AMGPM Dakota itu.

Pihaknya kata DBL, telah peringatkan pimpinan regu, untuk pengikut atau penggembira barisan tidak boleh ada lagi. Karena prinsipnya, yang ditontonkan ke masyarakat hanya barisan indah. Sehingga nantinya, apabila ada penggembira, pengikut, atau pendamping yang bukan peserta atau regu, maka panitia akan memberikan garansi kepada juri, bahwa regu tersebut dilakukan pemotongan nilai.

“Kita ingin LGJI Amboina 2018 memberi nilai penting, bahwa semua peserta barisannya indah, rapi dan akan melahirkan juara yang terbaik. Nah untuk juara, panitia memberi kesempatan bagi dua regu sebagai juara favorit, anak dan dewasa, plus juara I-harapan III tiap kategorinya. Sehingga total dari lima kategori ada 32 juara. Adapun peraih nilai tertinggi, bakal mendapatkan juara umum. Harapannya, LGJI Amboina 2018, pada Sabtu, 8 September 2018 nanti bisa berjalan aman dan lancar sehingga memberi kesan positif untuk pemerintah, masyarakat serta semua orang yang menyaksikan,” tutupnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed