by

Membaik, Tiga Orang Diisolasi di RSUD Haulussy Turun Status

-Kesehatan-292 views

AMBON,MRNews.com,- Kondisi tiga orang yang diisolasi karena terdeteksi sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) di RSUD dr Haulussy-Ambon membaik. Status ketiganya, dua diantaranya suami istri warga negara asing (WNA) asal Jepang dan satu warga Bekasi pun turun jadi orang dalam pemantauan (ODP).

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dr Meykhal Pontoh dalam press confrence di lantai VI kantor Gubernur Maluku, Kamis (19/3/2020).

“Sampai saat ini ada empat orang yang statusnya menjadi ODP. Diantaranya tiga masih dirawat di RSUD Haulussy Ambon karena masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium dari Jakarta dan satu orang telah dipulangkan namun akan tetap dipantau,” ungkap Pontoh.

Menurut Pontoh, spesimen ketiga ODP itu hingga kini belum diperoleh. Sebab harus melalui antrian, karena ada ribuan spesimen yang juga dibawa dari seluruh Indonesia untuk diperiksa. Namun karena spesimen warga Bekasi dibawah terlebih dahulu, maka dimungkinkan akan keluar lebih awal.

“Spesimen semua ODP sama. Spesimen dua WNA yang baru dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta sore tadi. Jadi hingga kini hasil tes spesimen belum ada semua. 3-4 hari baru hasilnya bisa didapat setelah diperiksa. Dengan demikian, sampai hari ini Maluku negatif virus corona” jelasnya.

Pontoh tegaskan, seseorang yang dirawat diruang isolasi belum dapat dikatakan positif kena covid-19 karena akan melihat perkembangannya dan hasil lab. Status ODP akan naik ke PDP jika ada orang datang dari luar daerah maka harus isolasi diri 14 hari. Jika merasa batuk, flu dan lain harus periksa dan akan dijadikan ODP. Bila ada gejala virus maka akan dinaikan statusnya ke PDP.

Sementara, ketua gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid-19 provinsi Maluku Kasrul Selang katakan, mulai besok pihaknya sudah mulai berlakukan pemeriksaan kepada setiap penumpang dipintu masuk bandara Pattimura dan pelabuhan Yos Sudarso. Apabila diantara penumpang ada indikasi sesuai kategori ODP, akan diisolasi selama 14 hari. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed