by

Pelayanan Dukcapil Normal, Tak Terganggu Isu Corona

-Kota Ambon-599 views

AMBON,MRNews.com,- Aktifitas pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon normal seperti biasa. Tidak terganggu ditengah mewabahnya coronavirus disease (Covid) 19 di Indonesia dan penyesuaian waktu kerja ASN fungsional untuk bekerja dari rumah.

Kabid Pencatatan Disdukcapil Kota Ambon Ritha Pattiwael katakan, pelayanan tetap berjalan seperti biasa dengan pegawai menjalankan sistem shift hingga besok.

Hanya saja dalam beberapa hari ini jam layanan dimajukan dari jam 9 pagi-2 siang. Dan dilakukan pembatasan antrian masyarakat dari biasanya menjadi 10 orang per putaran setelah mendapat nomor antrian.

“Normal pelayanan tapi sesuai instruksi ibu Kadis, senin depan katong jalan serentak jam 8 dan pulang jam 1 atau jam 2. Kita batasi hanya ketika masyrakat ambil nomor antrian dan masuk 10 orang. Agar jangan tunggu terlalu lama dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Pattiwael kepada awak media di kantor Disdukcapil Ambon, Kamis (19/3/2020).

Mewabahnya virus Corona diakuinya tidak terlalu berpengaruh pada pelayanan dan animo masyarakat. Sebab dalam kondisi itu, malah lebih banyak datang untuk pengurusan dokumen Dukcapil yang dibutuhkan. Apalagi sekarang ada penerimaan calon anggota Polri dan TNI sehingga pihaknya tidak mau membatasi.

“Seperti biasa. Tidak mempengaruhi. Tetap kita layani kebutuhan masyarakat. Cuma memang waktu layanan saja yang mundur dari awalnya jam 8 pagi- 4.30 sore, saat ini jam 8 pagi – 2 siang,” jelas Pattiwael.

Dikatakan, pegawai Disdukcapil tidak bisa bekerja dari rumah karena berhadapan langsung dengan masyarakat dalam pelayanan apalagi seluruh dokumen di kantor.

Namun arahan dari pimpinan kota untuk petugas layanan diminta memakai masker dan antiseptic. Sedangkan bagi masyarakat yang datang, pihaknya telah siapkan keran air dan hand soap.

“Kami harapkan juga masyarakat bisa pakai masker dan antiseptik. Disini kami sudah siapkan keran dan hand soap untuk masyarakat. Kami harap pemerintah bisa siapkan masker dan sarung tangan serta antiseptik bagi petugas di Disdukcapil karena kita bersentuhan langsung dengan berkas yang banyak dan masyarakat,” tuturnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed