by

Tamu Jakarta Hadiri Panas Gandong Dikarantina 14 Hari

-Kota Ambon-751 views

AMBON,MRNews.com,- Gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid 19 Pemerintah Kota Ambon memastikan tamu Festival Panas Gandong Negeri Rutong dan Rumahkay yang datang dari luar daerah seperti Jakarta yang sejumlah warganya sudah positif Covid 19 akan dikatantina mandiri selama 14 hari sebagaimana standar operation prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan pemerintah pusat.

Diketahui, Festival Panas Gandong Rutong-Rumahkay di Negeri Rutong Kecamatan Leitimur Selatan Rabu, (18/3) dipastikan tetap berjalan ditengah mewabahnya virus corona di Indonesia, meski Ambon dan Maluku belum ada. Undangan sudah disebar panitia. Sementara pelantikan Raja Hutumuri, Jumat (20/3) disarankan acara adat berjalan di negeri dan pelantikannya di Balaikota Ambon dengan tamu terbatas.

Ketua gugus tugas Syarif Hadler mengungkapkan, untuk tamu dari luar yaitu Jakarta yang turut diundang hadir, sesuai prosedur harus dikarantina selama 14 hari dan dilakukan pemantauan secara intensif oleh Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Sesuai SOP mereka yang datang harus dikarantina 14 hari. Jika terjadi perkembangan maka ditingkatkan menjadi pengawasan,” ungkap Hadler kepada awak media di Balaikota Ambon, Selasa (17/3/2020).

Festival negeri adat dua gandong itu akan melibatkan banyak orang. Terutama pada acara seremonial. Karena itu, Hadler mengaku, gugus tugas akan melakukan komunikasi semaksimal mungkin dengan panitia dan pemerintah kedua negeri sehingga yang dilaksanakan adalah acara adat saja sedangkan seremonial ditiadakan.

“Kita akan komunikasikan semaksimal mungkin sehingga yang dilaksanakan adalah acara adatnya saja. Sedangkan acara seremonial kalau kita tiadakan. Kenapa, karena acara seremonial melibatkan banyak orang. Demi mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan bersama terutama penyebaran virus corona,” tukas Hadler yang juga Wakil Walikota Ambon.

Terpisah, Sekretaris Komisi I DPRD Kota Ambon Saidna Azhar bin Tahir mengaku, berdasarkan hasil rapat bersama mitra kerja terkait pencegahan dan penanganan Covid 19, disimpulkan akan diusulkan ke Pemkot agar festival Pela Gandong Rutong-Rumahkay dibatalkan. Demi kepentingan banyak orang.

“Dinkes tidak mau mengambil resiko. Artinya kalau dijalankan akan berdampak pada hal-hal yang tidak diinginkan. Maka kita mendorong lewat rekomendasi ke pimpinan DPRD dan diteruskan ke Pemkot agar dipertimbangkan untuk dibatalkan acara itu. Ini menyangkut hajat orang banyak,” ungkapnya usai rapat di DPRD Kota Ambon, Selasa (17/3). (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed