by

Lima Dokter Spesial Siap Operasi Urologi 234 Pasien

-Kota Ambon-727 views

AMBON,MRNews.com,- Lima dokter spesialis urologi siap menangani 234 pasien yang telah terdaftar untuk mengikuti operasi bedah urologi secara gratis kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dengan Pemkot Vlissingen-Belanda di RSUD dr M Haulussy-Ambon, mulai hari ini (4/2) hingga (14/2).

Lima dokter itu terdiri dari dua (2) dokter utama dari Vlissingen-Belanda, didampingi dua dokter dari ikatan dokter bedah dan urologi Makassar serta satu dokter dari RSUD Haulussy dr Jecky Tuamely.

Kepastian itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon dr Wendy Pelupessy usai penerimaan tim dokter Vlissingen Belanda oleh Pemkot dan DPRD kota Ambon di aula RSUD dr Haulussy, Selasa (4/2).

“Ada lima dokter yang akan lakukan operasi urologi. Diantaranya 2 dokter dari Vlissingen, 2 dokter pendamping dari Makassar dan 1 dari RSUD dr Haulussy. 234 orang sudah terdaftar mengikuti operasi. Dari total itu 32 orang diantaranya dari kabupaten SBB dan Malteng, sisanya masyarakat kota Ambon. Kita belum tahu pasti apakah semua bisa dioperasi sebab harus screening lagi. Semoga semuanya berjalan lancar,” ungkapnya kepada awak media.

Sementara Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler mengaku, bakti sosial (Baksos) berupa operasi urologi oleh tim dokter ahli urologi Vlissingen sudah berlangsung sejak lama, setiap tahun atas kerjasama Pemkot Vlissingen dan Pemkot Ambon. Yang mana Desember 2019 lalu Walikota, Dinkes Ambon dan DPRD kota Ambon mengujungi Pemkot Vlissingen untuk memperbahuri dan tandatangan MOU kelanjutan kerjasama di bidang kesehatan ini.

“Dokter ini bukan yang baru keluar dari universitas kedokteran disana, tapi ini dokter-dokter paling senior. Mungkin dari kementerian kesehatan yang hadir disini bahwa dokter dari pemerintah Vlissingen dokter yang dikirim lakukan operasi urologi. Sehingga tidak ada keraguan bagi kita melanjutkan kerjasama ini. Sebab hasilnya positif,” jelas Hadler.

Dirinya memberi atensi positif dan terima kasih bagi dr Agus Latuheru tim dokter SSCA, dr Ola dan dr Frans tim dokter dari pemerintah Vlissingen, dr Minggus dan tim kementerian kesehatan serta dokter pendamping spesialis urologi Makasaar yaitu dr Ashar ahli urologi dan dokter Zakli spesialis urologi yang akan menangani operasi kurang lebih dua minggu.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat kota Ambon kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas keiklasan, kerelaaan sehingga mau datang di kota ini menangani kesehatan masyarakat kota Ambon dan masyarakat kabupaten/kota terdekat yang ikut mendaftar. Semoga Baksos ini lancar dan beri manfaat besar bagi masyarakat,” pungkasnya. (MR-02)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed