by

Cegah Virus Corona, Dengan Jaga Kebersihan Diri

AMBON,MRNews.com,- Dalam mencegah masuknya virus Corona ke setiap manusia, paling penting harus menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan sebelum dan setelah makan. Atau bila di tempat umum, bisa dalam kondisi menggunakan masker. Selain itu harus mampu menjaga daya tahan tubuh tetap fit karena virus itu bisa ditangkal dengan memiliki imun tubuh yang baik.

“Tidak ada antibiotik yang bisa untuk menangkal virus dan obatnya juga sampai sekarang belum ada. Maka yang paling bagus adalah kita menjaga kebersihan tubuh, menjaga daya tahan tubuh. Sebab virus bisa ditangkal tidak mudah masuk ke tubuh kita dengan kita punya imun tubuh yang baik. Maka itu, cuci tangan bersih apalagi kalau kontak dengan binatang atau sejenisnya,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon dr Wendy Pelupessy, Senin (27/1).

Indonesia kata Wendy, sesuai penjelasan Menteri Kesehatan belum ada instruksi bahwa memang ada darurat virus Corona. Sehingga harus memakai masker ketika aktivitas di tempat umum. Namun antisipasi dan waspada sejak dini sangat penting. Terutama juga adalah menjaga pintu-pintu masuk dari akses luar daerah yang potensial.

“Selama katong (kita) begini, seng (tidak) ada orang baru masuk membawa virus maka tidak bisa terbang masuk begitu saja. Harus ada orang yang bawa. Makanya Kemenkes memperketat, dijaga di pintu-pintu masuk baik masuk negara maupun pelabuhan. Caranya dengan scanner suhu tubuh, itu paling mudah. Dengan Termo Scanner. Kalau lebih dari itu mungkin dipisahkan. Maka kemarin ada jalur, yang dari luar negeri semua lewat jalur Termo Scanner,” jelasnya.

Untuk di Ambon, kata dia, juga sudah diinstruksikan untuk kantor kesehatan pelabuhan (KKP). Sebab tugas awasi pintu-pintu masuk ada di KKP yang berada dibawah dinas kesehatan provinsi.

Nanti untuk Puskesmas, tugasnya menyebarkan informasi tentang penularan virus Corona seperti apa agar masyarakat tahu. Kemudian pencegahannya dan apabila ada tanda-tanda yang dicurigai, secepatnya berobat ke Puskesmas atau sarana pelayanan kesehatan terdekat.

“Misalnya flu, panas, batuk, dan sesak nafas, alangkah lebih baiknya kita memeriksakan diri. Sehingga kalau misalnya dicurigai, bisa cepat diantisipasi. Nantinya tugas semua Puskesmas adalah mensosialisasikan. Kemudian kalau misalnya ada terdeteksi tanda-tanda ketemu, periksa kemudian periksa lab untuk menegakkan diagnosa. Sebab virus Corona hanya bisa dideteksi dengan pemeriksaan laboratorium,” tuturnya di Ambon. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed