by

Blanko E-KTP Habis, Haurissa: Februari atau Maret Tersedia

AMBON,MRNews.com,- Sedari pertengahan tahun 2019 hingga kini, blanko untuk kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) habis di pusat. Hal itu pun berdampak hingga ke daerah termasuk kota Ambon. Blanko baru bisa diadakan setelah adanya pencairan anggaran APBN 2020.

Dimana selain untuk keperluan pelamaran kerja dan bagi lulusan SMA yang hendak melanjutkan pendidikan tinggi ke luar daerah, diprioritaskan. Sedangkan masyarakat yang sudah melakukan perekaman atau ingin memperpanjang masa berlaku KTP, hanya diberikan KTP sementara oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil).

“Soal blanko E-KTP yang kosong, bukan hanya untuk kota Ambon tapi seluruh Indonesia mengalami kekosongan blanko E-KTP. Dan itu baru bisa diadakan setelah adanya pencairan dana APBN tahun 2020,” ungkap Kadis Dukcapil Kota Ambon Selly Haurissa kepada media ini di Ambon, Sabtu (25/1/2020).

Berdasarkan rapat koordinasi terakhir antara pemerintah daerah dengan Kemendagri terkait E-KTP kata Haurissa, direncanakan pada bulan Februari atau Maret baru bisa mendapatkan blanko E-KTP. “Rencananya Februari atau Maret baru bisa dapat (blanko E-KTP). Sebab di bulan itu, diperkirakan anggaran pengadaan blanko cair,” bebernya.

Masyarakat kota Ambon pun kata dia, diharapkan tetap bersabar sampai pada waktunya. Dengan tetap menggunakan KTP sementara yang dikeluarkan Disdukcapil dalam keperluan apapun sesuai peruntukannya.

“Sementara untuk akta kependudukan dan catatan sipil lainnya seperti akte kelahiran, akte kematian, akte nikah, kartu identitas anak (KIA) serta surat-surat lainnya, tetap dilayani seperti biasanya,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed