Kuat, Gempa 3,2 SR “Bangungkan” Warga Ambon

AMBON,MRNews.com,- Gempabumi berkekuatan 3,2 skala Richter yang terjadi, Senin (7/10/19) pukul 00.50.57 WIT “membangunkan” warga kota Ambon khususnya dari tidur. Bagaimana tidak, pasca gempa status tentang gempa itu bermunculan cepat di media sosial. Sebab gempa telah berada di Teluk Ambon dimana pusat gempa berada di 10 km Utara Ambon dan 36 km Barat daya Kairatu- SBB. 

Dari rilis yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas I Karang Panjang menyebutkan, gempa berada pada kedalaman 10 km di 3,62 LS-128.19 BT. Dirasakan di Ambon III MMI. Tetapi gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Setelah gempa itu, empat menit kemudian tepatnya pukul 00.54 WIT terjadi gempa susulan dengan magnitudo 2,5 SR pada 4 km Timur laut Ambon dan 42 km Baratdaya Kairatu-SBB, dirasakan di Ambon II-III MMI.

Tercatat, adanya dua gempa susulan ini maka gempa susulan yang terjadi pasca gempa kuat 6,5 SR (26/10/19) hampir mencapai 1200 kali (1105 kali gempa, 118 dirasakan per pukul 09.00 Wit Minggu 6 Oktober 2019). Akibat gempa 3,2 SR kabarnya sejumlah warga di pesisir pantai sudah menyelamatkan diri sementara waktu ke dataran tinggi. Juga pohon besar di taman makam Australia tumbang.

Kepala seksi data, informasi dan Humas BMKG Stasiun Kelas I Karang Panjang Andi Azhar Rusdin pun mengharapkan masyarakat tidak panik, tetap tenang karena gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Meski dirasakan kuat di Ambon. Dimana gempa 3,2 SR kemudian disusul gempa 2,5 SR.

“Hindari gedung bertingkat dan ketika gempa terjadi, jangan panik dan segera evakuasi diri ke luar ruangan, lapangan kosong sambil mengikuti petunjuk dari BMKG dan pemerintah. BMKG akan terus menyampaikan informasi kepada masyarakat. Tetap ikuti informasi di laman media sosial resmi BMKG baik Facebook, instagram, Twitter dan lainnya,” ajaknya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *