by

Taman Pattimura Bermusik Nan Berwarna

-Kota Ambon-145 views
AMBON,MRNews.com,- Usai direvitalisasi selama beberapa bulan lalu, taman Pattimura diresmikan spesial di hari ulang tahun (HUT) ke 444 kota Ambon, Sabtu (7/9/19). Menariknya, taman Pattimura kini hadir dalam modifikasi bermusik. Yang dari dalam bangunannya akan mengeluarkan alunan sejumlah lagu diikuti air mancur warna warni disesuaikan nada tinggi atau rendahnya lagu.
Revitalisasi air mancur dan taman Pattimura awalnya sesuai kontrak direncanakan selesai Desember 2019, tetapi tuntas lebih awal tiga bulan bertepatan perayaan HUT kota Ambon. Menelan anggaran sebesar Rp 2,7 miliar yang bersumber dari APBD murni kota Ambon tahun 2019. Smentara penataan kawasan akan dilakukan tahun 2020. Semuanya jadi bagian penyiapan infrastruktur kota agar semakin baik guna menunjang Ambon kota musik dunia dan program visit Ambon 2020. 
Walikota Ambon Richard Louhenapessy saat meresmikan taman Pattimura yang ditandai dengan penekanan tombol sirine katakan, taman ini direvitalisasi dengan sedikit berbeda karena adanya kebutuhan. Dimana desainnya bernuansa musik, ada gitar diatas tugu dan lagu sesuai brand Ambon sebagai kota musik dunia yang nantinya diharapkan dapat ditetapkan UNESCO tahun ini. Ada pula playground atau arena bermain bagi anak-anak yang bisa dimanfaatkan serta jogging track bagi masyarakat untuk dijadikan kawasan publik ramah lingkungan dan sebagai ruang terbuka hijau (RTH).
“Taman Pattimura zaman now bernuansa musik ini bentuk dan menunjukkan memang kita siap menjadi kota musik dunia. Silahkan masyarakat kota Ambon menikmatinya, ber-selfie dan promosi via media sosial apapun supaya orang tahu Ambon sebagai kota musik dunia layak dikunjungi. Tapi juga masyarakat pun harus menjaganya, tidak boleh merusak. Sebab ini pemerintah buat dari dan untuk rakyat,” demikian walikota.
Diketahui, air mancur taman Pattimura dimodifikasi kekinian mengikuti perkembangan jaman dan kemajuan teknologi ditunjang penataan yang lebih menarik. Konsepnya di air mancur akan muncul lampu warna-warni serta lagu yang akan memberi warna warni kota Ambon. Tujuannya, untuk memperindah Ambon, karena bukan hanya air mancur tetapi ada fasilitas penunjang lain sebagai tempat rekreasi warga kota. (MR-02)

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed