by

12 Tahun Dipegang Penjabat, Rutong Akhirnya Miliki Raja

-Kota Ambon-286 views

AMBON,MRNews.com,- Dalam kurun waktu 12 tahun lamanya sedari tahun 2008, negeri Rutong Kecamatan Leitimur Selatan tanpa kepala pemerintah defenitif. Selalu hanya Penjabat yang diberi penugasan oleh Walikota untuk menjalankan pemerintahan dan terus demikian adanya karena berbagai persoalan.

Hingga akhirnya tahun 2020, Jumat (28/2), Reza Valdo Maspaitella dilantik Walikota Ambon Richard Louhenapessy sebagai Upulatu Negeri Lopurisa Uritalai periode 2020-2026. Pelantikan Reza yang berasal dari mata rumah (soa) parentah dilakukan di Baileu Besar Negeri Rutong Somolopu Mariri Wai.

Disaksikan Ketua DPRD Kota Ambon Ely Toisuta, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Ambon, Saniri Negeri, Penjabat Rutong Paulus Anakotta, basudara Pela Gandong, masyarakat Rutong dan basudara Negeri-negeri tetangga di Kecamatan Leitisel.

“Saya mendapat kecam dari banyak pihak sebab sampai hari ini banyak negeri-negeri adat belum defenitif atau dipegang penjabat. Tetapi saya bertekad, walau terlambat, saya tidak mau membuat salah yang nanti akan dipikul beban oleh anak cucu saya hanya karena kuasa yang saya miliki. Cepat atau lambat kita akan menguraikan secara pasti dan benar tatanan budaya yang ada pada negeri-negeri adat di kota Ambon,” kata Walikota usai pelantikan.

Maka dirinya memberi apresiasi kepada masyarakat Negeri Rutong, Saniri dan Penjabat yang telah bersama-sama Camat dan elemen lainnya yang mengurai secara pasti seluruh tatanan budaya di negeri ini, dan telah mendapat Raja defenitif yang benar dan tepat untuk Negeri Rutong.

Melantik Raja Rutong diakui Louhenapessy, suatu perisitiwa langka. Seorang pemimpin yang menunjukkan kerendahan hati luar biasa, mau datang kembali melayani masyarakat. Sebab reputasinya sudah skala internasional. Dalam banyak hal Raja menjadi mitra, partner, konsultan dan tempat bertanya Pemkot, dalam membuka relasi dengan masyarakat nasional dan internasional.

“Raja Rutong punya level menteri. Masyarakat harus manfaatkan Raja ini sebaik mungkin dan dari segi profesionalitasnya, saya minta Rutong menjadi contoh bagi negeri-negeri dan desa yang ada di kota Ambon bahkan Maluku. Sebab semuanya pasti akan alami progress dan negeri ini akan maju dibawah kepemimpinan beliau. Langkah pertama negeri ini mendukung kota Ambon adalah Festival Pela Gandong,” tukas Walikota.

Raja Rutong Reza Valdo Maspaitella mengaku, bersyukur atas momentum ini dan berharap dalam kepemimpinannya kedepan seluruh masyarakat Rutong, perangkat pemerintah dan Saniri negeri bisa mendukung penuh dan membantu setiap kebijakan yang dilakukan bagi kemajuan dan eksistensi negeri Rutong, termasuk basudara Pela Gandong dan negeri tetangga di Kecamatan Leitisel, terutama Pemkot Ambon. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed