by

10 Besar Konfirmasi Tertinggi di Indonesia, Ambon “Curi” Perhatian Presiden

-Kota Ambon-59 views

AMBON,MRNews.com,- Kota Ambon masuk dalam peringkat ke-10 sebagai kota yang memiliki tingkat terkonfirmasi Corona paling tinggi di Indonesia. Selain Ambon, ada pula tiga (3) kota di Ibukota Jakarta dan beberapa kota lainnya. Kondisi itu lantas mencuri perhatian Presiden Joko Widodo.

Diketahui, pasien terkonfirmasi positif di Kota Ambon per 14 Oktober sebanyak 2781 dan angka kematian 30 orang. Didominasi perempuan 50,88 persen dan laki-lakik 49,12 persen untuk kasus positif.

Usia paling banyak terpapar pada 25-34 tahun 27 persen, 35-44 tahun 22 persen, 18 persen 45-54 tahun, 15-24 tahun 16 persen, 55-64 tahun 7,6 persen, 65-74 tahun 2,2 persen, 75-84 tahun 0,7 persen, 5-14 tahun 4,8 persen dan 0-4 tahun 1,3 persen.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengaku, dalam catatan Presiden, 10 kota itu harus diberikan perhatian serius terhadap percepatan penanganan COVID-19. Terutama dalam menurunkan angka positif dan meninggal serta menaikkan angka kesembuhan sebanyak mungkin.

Dikatakannya, Ambon masuk sebagai kota ke-10 penyebaran Covid-19 tertinggi di Indonesia bukan tanpa sebab. Selain kota, tetapi faktor menjadi ibukota Provinsi yang menjadi transit poin bagi Maluku, juga berdampak besar atas penyebaran Corona.

“Kita sudah berusaha semaksimal mungkin, namun masih juga seperti itu. Kota Ambon ini pintu masuk ke daerah lain. Penyebaran akan tetap terjadi walau sudah diterapkan Prokes ketat” tegasnya.

Dia mengaku, orang masuk dari pelabuhan, dari bandara, walau telah menerapkan protokol kesehatan, tapi harus diketahui bahwa wabah ini sulit di deteksi, jadi tetap saja jebol.

Menyikapi persoalan tersebut pihaknya kata Louhenapessy telah bekerja lebih fokus ke kecamatan, kelurahan dan desa-desa untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan guna mempersempit ruang penyebaran virus.

“Kita sekarang sedang bergerak ke kecamatan, kelurahan dan desa-desa untuk mengimplementasikan Inpres nomor 6 tahun 2020 dan Perwali nomor 25. Tim Gugus Tugas Pemkot Ambon pagi, siang, sore, malam turun ke lapangan untuk memastikan protokol kesehatan berjalan baik dibawah,” pungkasnya. (MR-02)
,

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed