by

1.070 Ekor Hewan di Ambon Belum Vaksinasi

-Kota Ambon-356 views

AMBON,MRNews.com,- Data populasi hewan di kota Ambon oleh dinas pertanian dan ketahanan pangan (DPKP) menyatakan hingga saat ini ada 12.070 ekor hewan seperti anjing, kucing, sapi dan hewan unggas. Dimana 11.000 ekor sudah tervaksinasi rabies, sementara 1.070 ekor belum vaksinasi. Data itu tersebar di lima kecamatan di kota Ambon.

Kabid Peternakan DPKP Kota Ambon, Ana Maitimu mengatakan, cara memelihara hewan secara baik bukan hanya dengan memberi makan, tapi perlu juga melakukan vaksinasi. Terutama di kota Ambon yang belum bebas dari rabies. Maka tiap tahun DPKP jalankan vaksin. Sebab data populasi hewan di Ambon ada 12.070 ekor, tidak tervaksin 1.070, tervaksin 11.000.

“Kalau kita jalan ada data populasi hewan tetap ada, blanko per alamat, RT,RW, umur, nama keluarga, pemilik, nama hewan, jenis kelamin, semua lengkap. Sehingga saat ada kasus gigitan, hewan sudah divaksin atau belum. Kita koordinasi juga dengan dinas kesehatan (Dinkes), jika terjadi kasus gigitan bisa terdata. Harapannya 1.070 ekor hewan yang belum vaksin bisa vaksinasi,” tandasnya kepada media di Everbright Hotel, Kamis (9/5/19).

Karena itu, adanya aplikasi Veterinary, Medicine, Petshop dan Beyond (Vetz), pelayanan kesehatan hewan secara online berbasis aplikasi android yang hari ini diluncurkan dokter Faradila Attamimi, peserta PIM IV dari dinas pertanian (Distan) provinsi kerjasama dengan DPKP Ambon yang dapat diunduh pada aplikasi playstore diakuinya, bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik, untuk konsultasi kesehatan hewan maupun vaksinasi.

“Pet car day, hari khusus untuk pelayanan dan konsultasi kesehatan hewan serta vaksinasi gratis akan kita gelar bersama Distan Maluku di Tribun Lapangan Merdeka, hari Sabtu (11/5) jam 10.00-12.00 Wit. Target kita 100-500 hewan bisa terlayani. Semoga masyarakat yang hewan piaraannya didalam 1.070 yang belum itu, bisa datang konsultasi dan vaksinasi. Jika tidak kita juga punya jadwal untuk turun langsung dari desa ke desa,” bebernya.

Kendala selama ini diakui Ana, petugas siap dan turun tetapi saat datang tuan rumah tidak ada, hewan yang belum tervaksin kerena berbagai kendala kadang pemilik tidak mau vaksin, tidak ada di rumah. “Biasanya sakit, kembali lihat. Tapi tidak mungkin tiap saat, biasanya ada yang terlewati datang sendiri minta vaksin. Maka kita himbau bagi warga kota Ambon, yang memilik hewan khususnya anjing, kucing dan unggas lain bisa bawa hari Sabtu untuk konsultasi kesehatan dan vaksinasi rabies gratis,” ajaknya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed